MDA/DTA - MTI AIR BARU MANINJAU

MDA/DTA - MTI AIR BARU MANINJAU
LOKASI : BANGUNAN MADRASAH, Alamat : Jorong Pasar Maninjau, Jalan H. Udin Rahmani, Gang Air Baru Maninjau, Kode Pos 26471

Jumat, 29 Juni 2012

Muhadharah, Implementasi Ruh Amar Ma'ruf Nahi Mungkar

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Puji syukur kepada Allah SWT, shalawat teruntuk Rasulullah SAW.

Salah satu program peningkatan mutu pendidikan MDA/DTA - MTI Air Baru Maninjau adalah Muhadharah, yakni latihan bagi siswa untuk pemantapam materi pembelajaran yang telah diperoleh dengan cara menghafal, menguasai lalu disampaikan pada khalayak. Berbagai cara yang dapat mereka lakukan, seperti melafazkan hafalan ayat, berpidato, dan lain sebagainya.

Upaya ini dalam rangka penanaman nilai-nilai materi yang telah mereka pelajari agar dapat disampaikan kepada orang lain dalam rangka "watashawbil haq, watawa shawbishshabr ", nasehat menasehati dalam kebenaran, nasehat menasehati dalam kesabaran, merupakan implementasi dari ruh amar ma'ruf nahi mungkar. Karena hakikat ilmu bukan hanya untuk diri sendiri, tapi hendaknya mengejewantah kepada orang lain.

Usia dasar, tingkat MDA/DTA merupakan usia yang sangat potensial untuk membangun karakter pembiasaan berdakwah, karena usia tersebut merupakan usia yang mana peserta didik memiliki semangat dan jiwa yang kuat untuk menyerap dan melakukan sesuatu sesuai dengan tindakan yang telah digariskan, Syaratnya mereka mendapat kontrol dan selalu dibimbing, sebab pada dasarnya mereka akan melakukan apa saja sesuai dengan petunjuk.

Maka peran guru disini sangat dominan, bagaimana guru mampu melakukan bimbingan pengajaran, melatih, termasuk memberikan keteladanan.

Syukran untuk guru MDA/DTA - MTI Air Baru Maninjau, semoga ilmu yang bermanfaat yang engkau salurkan, menjadi amal yang tidak terputus pahalanya walau engkau telah dikandung tanah. Amiin.

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar